Senin, 09 Februari 2015

Istimewanya Aplikasi Dapodik Lihat Cara Kerjanya

Perlu kita sadari dan ketahui bagaiman aplikasi dapodik ini bekerja dan sebelum membuat aplikasi ini sudah jauh-jauh hari diperhitungkan, artinya dalam pembuatan aplikasi ini tak asal saja tanpa memperhatikan kondisi wilayah yang heterogen di Indonesia ini, kalau kita berada pada kondisi fasilitas internet yang paling bagus mungkin tidak akan terasa istimewanya aplikasi ini, berbeda pada tiap daerah yang tak punya fasilitas yang sama, walau tak punya fasilitas internet yang nyaman namun keluhan untuk sinkronisasi dapodikdas ini sangatlah minim, artinya dapodik ini sudah tahu keadaan geografis serta sarana prasarana didunia pendidikan Indonesia.

Brainstorming bagaimana Dapodik bekerja : dikutip dari Info Pendataan Ditjen Dikdas
Tantangan yang dihadapi dalam proses penjaringan data modern adalah kondisi SDM maupun perangkat dilapangan yg masih minim. sistem pendataan diciptakan utk mencari solusi , TP tdk menutup mata kondisi infrastruktur yg ada. Sekolah sebagai client /Sumber data dapat dikategorikan menjadi 3 klompok 
Istimewanya Aplikasi Dapodik Lihat Cara Kerjanya

1. Sekolah online (30%)
skolah tsb memiliki komptr Dan jaringan internet, skolah kategori ini mampu melakukan aktivitas Pendataan secara full online, krna fasiltas Dan SDM mendukung tidak menjadi kendala jika harus terhubung internet kapanpun.
2. Sekolah offline (50%)
Sekolah memilikI komputer namun tidak memiliki jaringan internet ,
3. Sekolah tanpa teknologi (20%)
Sekolah tdk memiliki komptr apalagi trhubung jaringan internet.

Dapodik telah menganalisis dalm studi awal nya Dan mnghasilkan jawaban atas Tantangan tSB.
Sekolah online : tdk masalah
Sekolah offline:
dalam sistem aplikasi Dapodik dqpat bekerja SCR offline, kbutuhan internet hanya Saat melakukan pengiriman data saja. sehingga meringankan beban Sekolah dalam Hal kterbatasan akses internet,
Sekolah tanpa teknologi :

1 instance (instalasi) Aplikasi Dapodik dapat
Digunakan lbh Dr 1 pengguna dengan akun sekolah yang berbeda. Hal INI utk memfasilitasi jika skolah tdk punya perangkat komputer, internet maupun SDM. Dengan dmikian skolah tsb dpat di Bantu dg menggunakan/meminjam komputer Dinas/Uptd/sklah lain.
Dg sistem cerdas sinkronisasi data 2 arah kendala diatas dpat diatasi.
Efektif , guru tdk perlu mninggalkan kelas
Efisien , 1x kerja bermacam manfaat.
Hasil :
dapodik mampu Menilai Ptk yg eligable utk mendapatkan Tunjangan profesi Dan aneka tunjangan lainnya.
Dapodik mampu mendeteksi kekurangan dan kelebihan guru tingkat nasional/prov kabkota/Sekolah bahkan sampai individu guru yg dimaksud scra detail.
Dapodik mampu mendistribusikan NISN s.d Ke satuan pendidikan.
Dapodik mampu memotret realita fakta yang ada menjadi sbuah binary data utk kemudian dimanfaatkan dlm penyelesaian permasalahan sputar Dunia pendidikan.
Dll..
Dan yang paling penting adalah data individu termasuk rahasia penguasaan data wajib oleh negara, tanpa ada unsur komersialisasi di dlmnya.
Ini semua karena kerja keras Dan Kerja cerdas operator skolah seluruh nusantara dengan 1 semangat data berkualitas.
Tak terlupa kinerja kkdatadik Dinas kabkota, para Relawan Dapodik yg tidak dibayar bkn krna tdk bernilai tapi krna Tak ternilai.
Dear rekans ops seluruh nusantara, Kita SUdah mencapai titik INI.
Single source of data.
Salam 1 data berkualitas utk pendidikan yg lebih berkelas.
Load disqus comments

0 komentar