Senin, 14 Oktober 2013

Perbandingan Jumlah PTK dan Rombel Sekolah Dasar

Pada Dapodik 2013 diatur jelas Jumlah Jam Mengajar (JJM) bagi PTK melihat hal itu timbul suatu pertanyaan dari Kawan-kawan guru Sekolah Dasar,  
bagaimana pengaturan Jam Rombel dikala PTK Lebih ?
sudah jadi rahasia umum jika PTK disatu sekolah banyak melebihi batas PTK dan perbandingan kewajaran antara rombel dan PTK. Alhasil bingung untuk menghitung atau mencari trik agar 24 jam sesuai dengan beban kerja pada semua PTK.
Kita harus kembali mengingat jikalau di Sekolah dasar hanya ada Guru Kelas untuk mapel Guru Agama dan Guru Penjas. artinya kalau dari pemahaman saja Rombel dan PTK harus Ideal.
Berapa Jumlah PTK dan Rombel Pada Dapodikdas 2013

seperti ini aturan yang di berlakukan dapodikdas 2013 terhadap PTK dan Rombel:
IDEAL jumlah PTK dan Rombel Dapodikdas 2013 di satuan pendidikan:
1. jika 6 rombel(kelas) maka : Guru Kelas ada 6, PAI 1, PJOK 1, + 1 Kepsek : 9 orang
2. jika 7 rombel(kelas) maka : Guru kelas ada 7, PAI 1, PJOK 1, + 1 Kepsek : 10 orang
3. Jika 8 rombel(kelas) maka: Guru kelas ada 8, PAI 1, PJOK 1, + 1 kepsek : 11 orang
4.......sama namun jika point 5
5. jika 12 rombel, maka Guru kelas : 12, PAI 2, PJOK 2, kepsek 1 : 17 orang
Namun ada beberapa sekolah yang coba mengambil trik, karena merasa sekolahnya punya Peserta Didik yang lebih maka di buat lah Rombel baru agar semua Kouta 24 jam bagi Guru Kelas bisa terpenuhi. Rasional.
Hanya mengingatkan dan mencoba memberi saran, Jika harus menambah Rombongan Belajar baru  Pada aplikasi Dapodikdas 2013 maka perhatikan cara berikut:
Solusi Penambahan Rombel Perhatikan ini:
1. Sarana dan prasarana yang ada
2. Pemberitahuan kepada dinas setempat dan di setujui
3. Waktu pelaksanaan pembelajaran (diperhatikan)
4. Jumlah siswa maksimal 32 per rombel menurut SPM
Jika membuat rombel lebih dari rombel ideal (6 rombel) maka hati-hati dengan sarana yang ada (jumlah ruang Kelas) memadai atau tidak, dan waktu pelaksanaan.
Semoga menjadi perhatian dan dapat bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar